Komponen Dan Efek Komunikasi Massa

22:38
KOMPONEN-KOMPONEN DAN EFEK KOMUNIKASI MASSA
            Selamat siang sobat-sobatku sekalian, bertemu lagi dengan saya Generasi Muda. Bagaimana kabar sobat-sobat hari ini??? pastinya baik-baik saja kan.... Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar lebih jauh lagi tentang Komunikasi Massa. Sama halnya seperti Komunikasi, begitu juga dengan Komunikasi Massa juga memiliki komponen-komponen yang khusus (khas) yang bisa menunjukkan kepada Komunikasi Massa melalui komponen-komponen tersebut.

            Baiklah sobat-sobat semua, kita langsung saja menuju kepokok pembahasan kita hari ini. Dibawah ini adalah komponen-komponen yang terdapat dalam Komunikasi Massa.
1. Komunikator, merupakan seseorang yang berkompeten dalam dunia media massa (dalam hal ini seperti Jurnalis)
2. Pesan, dibuat oleh jurnalis dan pesan tersebut dilihat dari kaca mata media massa. Biasanya pesan yang dimuat dalam media massa adalah isu-isu yang sedang hangat-hangatnya.
3. Media, dalam komunikasi massa berupa media cetak (Koran, tabloit, majalah, dll) dan media elektronik (tv, radio, fb, twitter, dll).
4. Komunikan, setiap orang yang sedang melihat (menerima) pesan dari media massa, dan bersifat heterogen dan anonym. Tentang heterogen dan anomin sudah saya singgung beberapa waktu yang lalu dalam Artikel Sebelumnya.
5. Pespons, dalam Komunikasi massa respons (timbale balik) terjadi tidak langsung.
6. Gete Keeper, seseorang atau lembaga yang menyaring sebuah konten atau siaran apakah layak untuk di ekspos misalnya Lembaga Sensor. Hanya komunikasi massa sajalah yang memiliki gate keeper disalah satu komponennya.
7. Gangguan.
Di atas adalah komponen-komponen yang terdapat dalam komunikasi massa, dan dibawah efek yang terjadi bila kita sudah menerima pesan dari komunikasi massa, sama halnya komunikasi Antar Personal, komunikasi massa pun akan menimbulkan efek terhadap komunikannya. Beberapa efek yang terjadi dalam komunikasi massa;
1. Efek Ekonomis, misalnya; dengan melihat media massa (Koran, tv, fb, dll) yang adalah media bagi komunikasi massa, kita bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan. Informasi inilah yang disebut sebagai efek ekonomis.
2. Efek Sosial, misalnya seperti kita yang berlangganan sebuah surat kabar KORAN dan orang lain berlangganan TABLOIT. Dari situ bisa menunjukkan status sosial seseorang. Apakah seseorang lebih suka membaca tentang berita-berita yang sedang update, atau lebih suka terhadap Fashion, Life Style, dll.
3. Efek senang atau tidak senang terhadap sebuah media massa. Misalnya: seperti media massa RCTI yang isi kontennya sebagian besar adalah Sinetron. Apakah anda senang atau tidak terhadap media massa ini terkait isi kontennya.
4. Bisa merubah keadaan, apakah perubahan tersebut terjadi kearah yang positif atau malah ke arah negative.
            Jadi, kesimpulan dari pembelajaran kita hari ini yang pertama adalah setiap proses komunikasi memiliki komponen-komponen yang khas antara satu dengan lainnya, dan kekhasan nya inilah yang mencirikan sebuah proses komunikasi. Dan yang kedua adalah setiap pesan yang disampaikan (baik Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Antar Budaya, dan Komunikasi Massa) oleh komunikator ke komunikan pasti akan menimbulkan efek (baik efek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor).
            Demikianlah pembahasan kita hari ini, semoga pembelajaran kita ini bisa memberi pengetahuan dan menambah wawasa untuk kita semua, dan juga bisa membantu sobat-sobat sekalian yang pada saat ini sedang mencari artikel terkait pembahasan kita hari ini.

-------------------------
Baca Juga :
Komponen Komunikasi Massa
Komunikasi Politik
Komunikasi Bisnis
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SOBAT-SOBAT SEKALIAN....


Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengen Cepet Dapet Jodoh!!!